Minggu, 26 Juni 2011

Keputihan Pada Remaja

Keputihan pada remaja merupakan hal umum dialami pada usia muda. Namun, justru karena dianggap biasa, keputihan pada remaja sering tidak ditangani serius. Keputihan pada remaja yang tidak ditangani secara tepat dapat menjadi awal penyakit.

Keputihan merupakan keluarnya cairan dari vagina dengan bahan yang dikeluarkan terdiri atas lendir yang disekreasi oleh kelenjar-kelenjar di dalam rahim dan leher rahim, serta cairan yang keluar melalui dinding vagina dari jaringan di sekitarnya. Cairan tersebut juga bisa bervariasi dalam konsistensi (padat, cair, kental), dalam warna (jernih, putih, kuning, hijau) dan bau (normal, berbau).

Selain keputihan saat hamil, Keputihan pada remaja seperti apa yang perlu diwasapdai? Jika keputihan menyebabkan gatal-gatal dan nyeri di dalam vagina, atau di sekeliling saluran pembuka vulva inilah keputihan pada remaja yang perlu diwaspadai dan diobati tentunya. Keputihan pada remaja bisa diobati dengan cara medis maupun tradisional. Tapi akan lebih baik berkonsultasi secara medis terlebih dahulu untuk mengetahui jenis dan penyebab keputihan, barulah memilih pengobatan yang sesuai.

Keputihan pada remaja biasanya disebabkan oleh cara merawat organ reproduksi yang tidak baik. Misalnya, mencucinya dengan air kotor, memakai pembilas secara berlebihan, menggunakan celana yang tidak menyerap keringat, jarang mengganti celana dalam, tak sering mengganti pembalut. Karena itu, sangat penting bagi remaja untuk menjaga kebersihan organ kewanitaan mereka dengan cara yang tepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar